Friday, May 19, 2017

Ulasan 1

Video yang dibahas pada ulasan ini adalah video yang berjudul "OS Critical Section Problem" yang berasal dari Tutorialspoint - Simply Easy Learning yang dapat diakses di YouTube. Video ini berdurasi durasi 7 menit dan diunggah pada tanggal 20 April 2017 dengan jumlah penonton sebanyak 30 orang. Video yang dapat diakses melalui link http://youtu.be/DvF3AsTglUU ini membahas tentang "Critical Section Problem".

Video ini membahas definisi dari Critical Section dan Crticial Section Problem. Di dalam video ini dijelaskan bahwa critical section adalah suatu bagian dari proses yang akan mengakses variabel atau memanipulasi data. Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan critical section tersebut. Data atau variabel akan diakses oleh banyak program karena biasanya critical section digunakan saat program multithreading. Oleh karena itu, variabel atau data yang dibagikan bisa jadi tidak konsisten dikarenakan banyak program yang mengakses secara bersamaan. Masalah tersebut dinamakan Critical Section Problem. Ada tiga solusi untuk Criticial Section Problem, yaitu Mutually Exclusion, Progress, dan Bounded Waiting. Intinya, syarat-syarat dari pengaksesan critical section ini antara lain ialah, hanya ada 1 proses yang dapat mengakses critical section pada 1 waktu. Lalu, Jika sedang tidak ada proses yang menjalankan critical section tersebut, proses lain dapat memulai untuk menjalankan aksinya dalam mengakses critical section. Dan yang terakhir, masing-masing proses mempunyai batas waktu untuk menunggu hingga akhirnya sampai pada gilirannya mengakses critical section

Menurut saya, video ini sudah menjelaskan pengertian dan alur dari Critical Section dan Critical Section Problem dengan baik dan jelas. Terdapat kesimpulan pada bagian akhir sehingga penonton dapat mengulang dan mengingat kembali apa yang telah dipelajari dalam video ini.

Github Account: novialia
URL Ulasan : https://noviantialiasih.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1.html
URL Video : http://youtu.be/DvF3AsTglUU (7 menit)
Video Author : Tutorialspoint - Simply Easy Learning
Pemetaan : Week07
Revisi Pertama: 19 Mei 2017
Revisi Terakhir: 19 Mei 2017

0 comments:

Post a Comment